Susur Sungai, Wahana Keakraban dan Latihan Destana Donoharjo

Mampu dan mau menjadi kekuatan kemanusiaan tanpa pamrih dalam perjuangan kemanusiaannya, yang kehadirannya menjadi penyejuk bagi siapa saja adalah sebuah harapan besar dari Lurah Donoharjo, Hadi Rintoko terhadap keberadaan Destana Donoharjo. Hal tersebut disampaikannya usai dilaksanakan kegiatan susur sungai bersama Destana Donoharjo, Minggu (25/10/20).

Agus Hardiyo Pancoro, Ketua Destana Donoharjo dalam pesannya sebelum berangkat menyampaikan agar para peserta tetap menjaga kedisiplinan, kekompakan, serta kerja sama.

“Nikmatilah perjalanan sehingga selain terhibur juga tidak terasa berat. Tapi tetap harus yakin akan mampu. Karena tanpa keyakinan maka sulit bagi kita untuk menyelesaikan rute yang sudah dipersiapkan. Sebagai relawan, kita sendiri harus sehat dan kuat, dan kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan latihan fisik dalam menghadapi pandemi Covid-19. Jadi semuanya harus yakin bisa menyelesaikan rute, dan tetap semangat,” seru Agus kepada 55 peserta yang terdiri dari Destana, Perangkat Desa, PPS, serta Relawan Donoharjo dan Rajawali.

Peserta berangkat dari halaman Kantor Desa Donoharjo menuju Pos I Gondang Cangkringan kemudian memulai susur sungai menuju Pos II di Plunyon, dilanjutkan jalan bersama naik ke Pos III di Petilasan Mbah Maridjan Kinahrejo.

Totok, salah satu peserta menyampaikan kesannya dan harapannya.

“Luar biasa untuk saling menjaga kekompakan di antara anggota relawan, semoga Kota Jogja tetap aman dari banjir lahar dingin atau bencana alam lainya,” ujarnya.

Untuk menghadapi itu, dikatakan Totok Tim Relawan Donoharjo selalu siap mengantisipasi keadaan alam.

“Kita sebagai relawan menolak punah. Dalam arti kita sebagai relawan harus siap siaga di depan meminimalisir korban bencana. Kita juga wajib ‘Memayu Hayuning Bawana‘ yaitu turut serta menjaga kelestarian/keseimbangan alam semesta,” jelasnya lagi.

Sementara itu peserta lainnya, Susy Kristianingsih, Ketua PPS Donoharjo menyampaikan bahwa susur sungai adalah kegiatan yang melelahkan namun sangat menyenangkan sebab menambah wawasan juga pengalaman tentang kegiatan di alam terbuka. (Endarwati/KIM Donoharjo)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts