Tambah Jumlah Muscle, Yayasan Sioux Ular Indonesia Gelar Pelatihan Dasar

Gamping – Dalam rangka menambah jumlah muscle di Yogyakarta, Yayasan Sioux Ular Indonesia menyelenggarakan kegiatan Basic Training Muscle (BTM) yang merupakan pelatihan dasar bagi calon muscle atau relawan Yayasan Sioux selama satu hari penuh di Pendopo Kekandhangan Cokrowijayan, Kalurahan Banyuraden, Kapanewon Gamping, Minggu (12/9/2021).

Pelatihan diikuti oleh 10 orang kandidat muscle yang dilaksanakan pada siang hari hingga malam hari dibawah pengawasan Febrianto Braso Reticulatus sebagai penanggung jawab kegiatan, didampingi sejumlah instruktur sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Braso menjelaskan, calon muscle akan menerima teori pengetahuan terlebih dahulu, sebelum melakukan praktik langsung ke lapangan. Beberapa materinya antara lain adalah biologi ular untuk mengetahui organ tubuh dan organ reproduksi serta tipe gigi ular, identifikasi untuk mengetahui habitat dan membedakan ular berbisa tinggi ataupun rendah, Snake Handling atau penanganan ular, dan Sweeping atau penangkapan ular untuk mengurangi populasinya pada suatu kawasan sesuai permintaan.

“Selain menerima teori pengetahuan yang lengkap, para kandidat muscle Sioux tersebut juga melakukan praktek langsung menangkap ular sesuai dengan teknik yang diberikan oleh Trainer menggunakan peralatan standar sehingga terlindungi dari gigitan ular,” kata Braso.

Braso berharap dengan selesainya kegiatan BTM dapat menghasilkan muscle Sioux yang dapat memberikan sosialisasi masyarakat untuk merubah pandangan buruk terhadap ular, sehingga bahaya bagi masyarakat dapat dihindari, dan ular terselamatkan dari kepunahan.

Di akhir sesi pelatihan para kandidat muscle menerima pengetahuan terkait penanganan pertama gigitan ular yang ditujukan untuk mengurangi angka kesakitan, mencegah adanya komplikasi lain sebelum korban mendapatkan pertolongan lanjutan di rumah sakit, serta memastikan tindakan penolong tidak membahayakan dan merugikan penolong maupun korban gigitan ular. (Adnan Nurtjahjo|KIM Pararta Guna Kapanewon Gamping)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts