Tanamkan Kesadaran Mitigasi Bencana sejak Dini

Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam menanggulangi bencana di suatu daerah adalah kesadaran akan pentingnya mitigasi bencana, sebagai bentuk upaya meminimalisir korban jiwa maupun materil. Menyikapi hal tersebut, Panti Asuhan Baitul Qowwam Sleman bekerja sama dengan Taruna Siaga Bencana (Tagana) DIY mengadakan Sosialisasi Pentingnya Mitigasi Kebencanaan, Kamis (18/2/2021). Acara diadakan di Aula Panti Asuhan Baitul Qowwam yang berada di Plumbon Kidul, Mororejo, Gamping, Sleman, dan dihadiri oleh 40 peserta yang terdiri dari santri putra dan putri Panti Baitu Qowwam.

Sigit, salah satu perwakilan dari Tagana dalam sosialisasi tersebut menyebutkan bahwa mitigasi bencana sangat penting untuk diperhatikan dalam menanggulangi bencana.

“Untuk membentuk membentuk sikap memeiliki kesiapsiagaan dan mampu mendeteksi dini berbagai gejala atau tanda akan munculnya bencana karena ini sangat penting untuk meminimalkan korban jiwa maupun materi,” jelasnya.

Sehingga, menurut Sigit, sangat penting untuk menanamkan pengertian dan pentingnya mitigasi bencana sejak usia muda sebagai upaya pengurangan resiko bencana.

“Itu akan membentuk kesadaran masyarakat untuk berperan aktif mewujudkan kesiapsiagaan dalam upaya pengurangan resiko bencana dengan menjalin koordinasi dan sinergitas berbasis kearifan lokal yang ada,” ungkap Sigit.

Sementara itu, salah satu pengasuh di Panti Baitul Qowwam, Muhtarom Pede berharap wawasan mitigasi bencana yang disampaikan oleh Tagana di acara sosialisasi ini dapat menjadi tambahan pengetahuan dan bekal bagi setiap santri.

“Semoga dapat diterapkan oleh santri, baik di lingkungan panti maupun di masyarakat,” ujarnya. (Arief Hartanto)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts