Tanggap Bencana Mlati Mitigasi Pohon

Mlati – Relawan Tanggap Bencana Kecamatan Mlati melakukan mitigasi bencana di Padukuhan Rajek Lor dan Rajek Wetan, Desa Tirtoadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Jumat (13/2/2020). Kegiatan ini untuk menindaklanjuti laporan warga yang terdampak angin puting beliung sehari sebelumnya.

Di Padukuhan Rajek Lor, pohon mindi berdiameter 40 cm menimpa sebuah rumah warga. Di Rajek Wetan, tepatnya di Wana Desa Desa Wisata Rajek Wetan (Dewi Rawe), mitigasi dilakukan untuk beberapa pohon yang tumbang saat angin puting beliung menerjang. Satu pohon di area parkir menimpa sepeda motor warga.  

Mitigasi dilakukan 15 orang personel yang berasal dari gabungan relawan se-Kecamatan Mlati. Yoni Alvian selaku koordinator kegiatan menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan laporan warga. ‘Kami harus sigap untuk menanggapi laporan tersebut, sebagaimana telah menjadi ikrar relawan Mlati untuk terus siap tanggap darurat. Kejadian angin puting beliung sering terjadi di wilayah Mlati, jadi kami harus siap,” ujarnya.

Pengelola Wana Desa Wisata Rajek Wetan, Suharno di sela-sela pelaksanaan mitigasi menyampaikan pemangkasan pohon-pohon besar dilakukan untuk kenyamanan dan keselamatan pengunjung. “Pohon-pohon besar ini sebenarnya sayang kalau dipangkas, tetapi melihat kerawanan yang ada, dengan terpaksa harus dipangkas.”

Ditambahi Suharno, pepohonan di Wana Desa berfungsi menjadi peneduh, terutama pohon Crut-Crutan. Tetapi kondisi batang yang mudah patah menyebabkan harus segera dilaksanakan mitigasi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. “Selain itu beberapa pohon memang perlu segera dikurangi dahannya,” pungkas Suharno.(KIM Mlati/Yoko)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts