Tekan Hamil di Luar Nikah Kemenag Sleman Buka Biro Kunsultasi

Sleman – Masih tingginya angka kehamilan di luar nikah di Kabupaten Sleman, menjadi perhatian Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sleman. Pasalnya, masalah tersebut perlu mendapatkan penanganan serius.

Berdasarkan data Kanwil Kemenag Sleman, tercatat angkat kehamilan di luar nikah mencapai 15,96 persen pernikahan pada 2010 hingga 2014. Hal tersebut berdasarkan uji petik di Kecamatan Pakem, Seyegan, dan Sleman.

“Indikasinya pada saat tes urin sebelum suntik tetanus di Puskemas, calon pengantin perempuan diketahui sudah hamil. Kondisi ini sangat memprihatinkan,” ungkap Kepala Kanwil Kemenag Sleman, Muhammad Luthfi, kemarin.

Menurutnya permasalahan ini disebabkan dampak negatif dari kemajuan teknologi informasi yang bebas diakses. Hal tersebut berpengaruh pada meningkatnya pergaulan bebas di kalangan remaja.

“Dengan adanya kondisi ini, maka perlu adanya pemberdayaan masyarakat, terutama di kalangan remaja,” paparnya.

Untuk itu, pihaknya membentuk Interkonesi Program Bina Remaja Keluarga Sakinah serta Biro Konsultasi Remaja dan Keluarga. Program ini akan dijalankan melalui Kantor Urusan Agama (KUA) di masing-masing kecamatan.

“Program ini tidak hanya membantu keluarga baru untuk membentuk keluarga sakinah. Namun juga membantu menyelesaikan permasalahan yang terjadi di kalangan remaja,” katanya.***

 

Print Friendly, PDF & Email

Related posts