TPA Babussalam Salakan Gelar Mujahadah

Gamping – Dalam rangka Attasyakur lil Khotmil Qur’an Taman Pendidikan Alquran (TPA) Mushola Babussalam Padukuhan Salakan, Desa Trihanggo, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman menggelar mujahadah dan khataman Alquran yang dipimpin oleh KH. Muhammad Farid, Kamis(26/12/2019).

Menurut Slamet Sarmadi, pengasuh TPA Babussalam, mujahadah merupakan rangkaian kegiatan wisuda santri yang dilakukan dengan pengamalan sholawat atau bagian dari padanya menurut adab, cara, dan tuntunan yang dibimbingkan oleh Muallif Sholawat sebagai penghormatan kepada Rasulullah dan sekaligus merupakan doa permohonan kepada Allah SWT, bagi diri pribadi dan keluarga yang masih hidup maupun sudah meninggal dunia, bagi bangsa dan negara, bagi para pemimpin di segala bidang, bagi umat masyarakat dan seluruh makhluk ciptaan Allah SWT.

“Sebagai wujud pengamalannya, sore tadi para wisudawan dan wisudawati khatam Alquran dan Juz Amma yang berjumlah 30 orang melakukan ziarah para leluhurnya yang disemayamkan di makam Keditan, makam Surengpati, dan makam Kemuning bersama para pengasuh TPA Babussalam. Mereka memanjatkan doa untuk ahli kubur yang ada di tempat tersebut agar diterima segala amal baiknya dan diampuni segala kekhilafannya,” ujar Slamet.

Slamet menambahkan tentang berbagai manfaat melakukan mujahadah, yakni menjernihkan hati dan sadar kepada Allah SWT, memperoleh taufiq hidayah-Nya, mendidik menjadi orang yang sholeh dan sholihah yang senantiasa mendoakan leluhur dan kedua orang tuanya, serta mewujudkan ketentraman, kedamaian dan kesejahteraan.

Kegiatan ini dihadiri oleh pengasuh TPA Babussalam, Slamet Sarmadi dan Imtichanah Sanusi, Ketua Takmir Mushola Babussalam, segenap panitia wisuda santri, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta ratusan warga Padukuhan Salakan.(Adnan Nurtjahjo/KIM Pararta Guna Kec Gamping)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts