Transparansi Jadi Bentuk Pelayanan Prima Pemerintah bagi Masyarakat

Pembentukan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) tingkat desa menjadi suatu keharusan sesuai amanat UU 14/2008. Untuk itu, Kecamatan Sleman menyelenggarakan Sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik bagi pemerintah desa, pada Jumat (12/10) bertempat di Kantor Kecamatan Sleman Jalan Magelang km 14, Triharjo, Sleman.

Sosialisasi yang merupakan bentuk perwujudan hubungan bagi masyakarat dengan pemerintahan untuk bersama-sama menjalankan transparansi kegiatan ini, dihadiri oleh Komisi Informasi Daerah DIY, PPID DIY, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Budi Sutamba, Sekretaris Kecamatan Sleman Sumariah, Kepala Desa dan Sekretaris Desa serta perwakilan karang taruna yang ada di seluruh wilayah Kecamatan Sleman.

Budi Sutamba mengatakan bahwa pelayanan masyarakat yang transparan merupakan suatu bentuk pelayanan yang prima. Dengan begitu, Budi melanjutkan, harapannya pemerintah bisa menjadi suatu wadah dalam menyelesaikan permasalahan yang ada pada masyarakat.

Budi menambahkan, seiring dengan majunya perkembangan zaman, pemerintah dituntut untuk mengimbangi kemajuan tersebut terutama dalam hal pelayanan.

“Masyarakat sekarang banyak yang lebih pintar dan maju berkat adanya teknologi yang berkembang, jadi mau tidak mau kita juga harus mengikutinya,” ucap Budi.

Dinas Kominfo Sleman beserta Komisi Informasi Daerah, dituturkan Budi telah banyak mendukung perangkat daerah rangka mewujudkan website.

Sementara itu Sumariah, Sekretaris Kecamatan Sleman mengatakan bahwa desa merupakan wadah yang menangani masyarakat secara langsung. Oleh karena itu, adanya keterbukaan informasi ini diharapkan desa tidak lagi menghadapi masalah yang berhubungan dengan informasi.

“Keterbukaan informasi berperan sangat penting bagi pemerintah dalam menginformasikan segala hal-hal yang terkait pendanaan kepada masyarakat sehingga tidak akan terciptanya prasangka buruk masyarakat terhadap pemerintah,” tandas Sumariah.

Print Friendly, PDF & Email

Related posts