TRC Gamping Bantu Masyarakat Cegah Penyebaran Wabah Covid-19

Dalam rangka menanggulangi penyebaran virus Corona (Covid-19, red) di wilayah Kecamatan Gamping, Tim Reaksi Cepat (TRC) Kecamatan Gamping mengadakan kegiatan pemberian larutan disinfektan secara gratis bagi warga masyarakat sekitar. Kegiatan dilaksanakan di posko gugus depan penanggulangan Covid-19 TRC Gamping yang terletak di kawasan Kantor Camat Gamping, Senin (30/3/2020).

Kegiatan sosial yang diinisiasi oleh para relawan se-Kecamatan Gamping yang tergabung dalam TRC Gamping ini bertujuan untuk membantu masyarakat dalam pengadaan larutan disinfektan yang sulit didapatkan di pasaran guna melakukan sterilisasi secara mandiri di rumahnya dalam upaya pencegahan penyebaran wabah Covid-19.

Menurut keterangan Ketua TRC Gamping, H. Deny Hendrawan dana operasional kegiatan berasal dari sumbangan sukarela para anggota TRC Gamping yang diwujudkan dalam bentuk bahan-bahan pembuatan larutan disinfektan.

“Dalam pengambilan larutan siap pakai ini, warga cukup mengisi formulir yang disediakan oleh petugas jaga sebagai bukti serah terima operasional barang untuk penanganan wabah Covid-19. Guna meratakan pembagian larutan, setiap pengambilan dibatasi 100 liter per wilayah, dan diutamakan bagi warga penduduk Kecamatan Gamping. Namun, tidak menutup kemungkinan bagi warga di luar wilayah Gamping untuk mendapatkan larutan disinfektan,” ungkap H. Deny.

Di hadapan masyarakat yang memanfaat giat ini, salah satu anggota TRC yang berjaga, Antonius Kuwat menyampaikan bahwa jam pelayanan pengambilan bantuan ini dimulai pukul 09.00 WIB hingga malam hari. Masyarakat akan dilayani oleh 15 orang petugas jaga dengan dibantu oleh anggota Koramil 17/GP.

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat yang mengambil larutan ini agar menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) berupa sarung tangan karet, masker, kacamata keamanan, celana panjang dan baju lengan panjang. Selain itu jika larutan mengenai mata agar segera membasuhnya menggunakan air bersih yang mengalir. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi,” tambah Kuwat.

Respon masyarakat penerima manfaat kegiatan dari TRC Gamping ini sangat baik, mereka merasa terbantu dengan adanya pembagian larutan disinfektan secara gratis ini, serta mengucapkan terima kasih kepada segenap relawan yang sudah melayani warga dengan ramah dan sopan.

“Sebagai warga di Padukuhan Salakan rt 01 rw 26 Desa Trihanggo, Kecamatan Gamping, saya berharap semoga perbuatan yang mulia ini mendapat pahala yang berlipat ganda dari Tuhan, serta seluruh relawan yang tergabung dalam TRC Gamping ini diberi kesehatan dan perlindungan dari segala macam gangguan agar dapat menjalankan tugasnya dengan aman dan nyaman,” kata Ari Pambudi sambil berpamitan kepada petugas. (Adnan Nurtjahjo|KIM Pararta Guna kec Gamping)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts