Vaksin COVID-19 Siap Didistribusikan di Kabupaten Sleman

Sebanyak 10.000 Vaksin Sinovac telah tiba dan siap didistribusikan di Kabupaten Sleman pada Rabu (13/1/2021). Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Atikah Nurhesti selaku Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Sleman.

“Hari ini tanggal 13 Januari, Kabupaten Sleman menerima sejumlah 10.000 vaksin yang sudah terverifikasi dari pusat dengan melihat kapasitas ruangan yang ada,” terang Atikah di UPT Pengelolaan Obat dan Alat Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman yang dijadikan tempat penyimpanan vaksin, Rabu (13/1/2021),

Rencananya, menurut Atikah proses vaksinasi akan dilakukan di 52 fasilitas kesesehatan yang ada di Kabupaten Sleman. “Yaitu Puskesmas sebanyak 25 tempat, Rumah Sakit berjumlah 24, dan 3 Klinik, totalnya ada 52 fasilitas kesehatan. Prosesnya dimulai hari Senin,” ujarnya.

Vaksin sendiri dijadwalkan akan didistribusikan ke fasilitas kesehatan di Kabupaten Sleman dimulai pada hari Kamis tanggal 14 Januari 2021, dan akan dilakukan secara bertahap.

Sementara itu, proses vaksinasi perdana akan dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 14 Januari 2021, untuk beberapa tokoh. “Terdapat 10 orang pertama yang diberi vaksin diantaranya Pak Bupati, Kapolres, Kajari Ketua Dewan, kemudian tokoh agama dari Kemenag, Ketua Dharma Wanita, dan dari organisasi profesi kesehatan yang akan diwakili oleh dr. Tirta,” jelas Atikah

Atikah juga memastikan bahwa proses vaksinasi oleh vaksinator telah sesuai dengan standar sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

Pun sampai saat ini, pemberian sanksi menurut Atikah belum diterapkan oleh Pemkab Sleman bagi masyarakat yang menolak untuk divaksin.

“Belum ada himbauan berupa sanksi, karena saat ini vaksin baru akan diberikan kepada tenaga kesehatan dan tokoh masyarakat,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Danang Kuntandi, Kabagops Polres Sleman menyatakan bahwa pihak kepolisian akan mengamankan proses pendistribusian vaksin ke masing-masing fasilitas kesehatan.

“Distribusi ke masing-masing puskesmas dengan pengawalan dan pengawasan kepolisian, dan rencananya juga besok dan seterusnya akan dilakukan pengawalan dari gudang ke Puskesmas, berjumlah satu regu personil yang melakukan pengawalan dan regu lain pengawasan,” ujar Danang. (Rep Hida)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts