Warga Padukuhan Karang Gelar Syawalan Dalam Bentuk Dahar Kembul

Sleman – Kebiasaan berkumpul dalam rangka merayakan Idulfitri atau yang lazim disebut Syawalan telah menjadi kebiasaan bagi setiap umat muslim, tak terkecuali di Padukuhan Karang, Kalurahan Trimulyo, Sleman. Namun uniknya, warga Padukuhan Karang menggelar Syawalan yang dikemas dalam bentuk Dahar Kembul, atau Madang Geden (kenduri), yang dilakukan pada Minggu (8/5/2022).

Syawalan Warga Karang yang mengambil tema Dari Kita, Oleh Kita, Untuk Kita ini diselenggarakan dari pukul 06.00-08.00 atas inisiatif PKK Padukuhan Karang, yang didukung oleh Karang Taruna Karang (Oremka) dan seluruh warga Padukuhan Karang.

“Menu yang tersaji yaitu Sego Megono beserta lauknya merupakan hasil gotong royong Ibu-bu dan juga support dari donatur, sedangkan para Ibu ada yang membawa nasi, kacang panjang, gori, gereh petek, tempe goreng, dan lain-lain. Juga ada yang membawa teh manis. Nasi beserta sayur, lauk dan kelengkapannya selanjutnya digelar dengan menggunakan alas daun pisang alih-alih menggunakan piring, suasana makan bersama warga menjadi semakin mengesankan dengan keakraban yang tercipta,” kata Dwi Warini, Ketua PKK Padukuhan Karang.

Ketua RW 20 Karang Sujak Wardoyo dalam sambutannya menyampaikan pesan agar Syawalan ini menjadi momen kita untuk tetap menjaga kebersamaan antar warga.

“Pendidikan atau amal ibadah selama bulan Ramadan bisa dilestarikan di luar bulan Ramadan. Juga semangat gotong royong (keguyuban warga) agar terus terbangun ditengah masyarakat  anak-anak muda agar bersemangat untuk memakmurkan masjid maupun mushola yang ada di dusun Karang,” kata Sujak.

Sementara itu, Lurah Kalurahan Trimulyo, Kholik Harmoko mengapresiasi kegiatan ini. “Apresiasi yang tinggi atas kreativitas warga Karang terkhusus Ibu-ibu PKK sebagai inisiator acara Madang Geden seluruh warga dusun yang mungkin baru pertama kali ada di Kalurahan Trimulyo, penghargaan atas semangat yang mungkin semalam telah mempersiapkan masakan dan masakannya enak,” kata Kholik. (Arief Hartanto)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts