Warga RT 06 Sidoharjo Semprot Disinfektan pada Fasilitas Umum

Warga Kampung Sidoharjo RT 06 RW 12 Kendal Kelurahan Bangunkerto, Turi tidak ingin berpangku tangan dalam mencegah penyebaran Virus Corona (COVID-19) di lingkungannya. Swadaya warga untuk melindungi lingkungan secara spontan digalang pada Rabu (26/3/2020).

Dengan hasil swadaya tersebut, warga bersama-sama melakukan penyemprotan disinfektan pada fasilitas umum, seperti gardu, masjid, sekolah, dan lingkungan rumah warga. Di samping itu, imbauan untuk melakukan perilaku hidup bersih dan sehat digaungkan dalam berbagai kesempatan baik secara langsung maupun melalui media sosial yang digunakan warga, tak lupa disediakan tempat cuci tangan dan sabun sebagai upaya pencegahan.

Muh Suharjo selaku Ketua RT 06 didampingi M Mahmud dari perwakilan warga yang menginisiasi gerakan ini menyampaikan apresiasi atas gerak cepat dan tanggap atas kejadian ini.

“Kami sangat mendukung dan semoga bisa membangun kesadaran untuk warga untuk selalu hidup sehat, terutama dalam menghadapi Virus Corona,” kata Muh Suharjo.

M. Mahmud menambahkan, upaya bersama pencegahan penyebaran Virus Corona ini hendaknya secara menyeluruh serta disertai dengan upaya preventif, yaitu menjaga diri baik keluarga, teman, dan lingkungannya dari penularan virus.

“Semisal dengan rajin cuci tangan dengan sabun, membersihkan diri dengan mandi setidaknya 2 kali sehari, makan dengan teratur dan bergizi, mengkonsumsi buah dan sayur, minum air secukupnya, aktif berolahraga, menghindari bersentuhan dengan orang lain, beristirahat yang cukup, juga menghindari menyentuh hidung, mata dan mulut, serta tidak keluar rumah kecuali dalam hal yang mendesak,” jabar Mahmud.

Pun, dikatakannya untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Tuhan agar terjaga dari wabah pandemi yang terjadi di seluruh dunia tersebut. (Arief Hartanto)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts