Warga Sukunan Pakembinangun Regenerasi Pangrukti Loyo

Pakem – Warga Dusun Sukunan Pakembinangun melaksanakan praktik penyelenggaraan jenazah atau pangrukti loyo, Minggu (13/10/19) lalu di serambi timur Masjid At-Taqwa Pakem.

Acara yang diprakarsai oleh takmir Masjid At-Taqwa ini bekerjasama dengan KUA Kecamatan Pakem sebagai penyumbang manekin atau boneka replika jenazah serta didukung oleh Pemerintah Desa Pakembinangun.

Tri Winarko, Ketua Takmir menjelaskan bahwa penyelenggaraan jenazah bersifat wajib bagi warga sekitar yang meninggal. “Karena jika tidak ada warga yang mau menyelenggarakannya maka satu dusun mendapatkan dosa. Namun jika ada warga yang mau menyelenggarakannya, maka gugurlah kewajiban sebagian warga karena sudah terwakili, itulah yang disebut fardhu kifayah,” paparnya dalam sambutan pembuka.

Praktik penyelenggaraan jenazah dipimpin langsung oleh Rohis Dusun Sukunan, Muh Ilham Riyadi, beserta rekannya, Muh Zamroni. “Memang tidak semua orang mampu dan mau merawat jenazah. Akan tetapi karena ini fardhu kifayah maka kami adakan acara ini sebagai upaya regenerasi agar kawula muda di Dusun Sukunan juga nantinya bisa meneruskan kami,” papar Zamroni.

Acara dilanjutkan dengan praktik pemotongan kain kafan dan pembungkusan replika jenazah sehingga terbentuk seperti jenazah pada umumnya. Walau ada beberapa warga yang mengaku takut melihat replika jenazah, acara berjalan dengan khidmat. (KIM Pakembinangun/Asr)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts