Warga Turi Ikuti Pelatihan Budi Daya Ikan dalam Ember

Turi – Sebanyak 30 anggota Kelompok Budi Daya Ikan Mino Tumangkar, Sidoharjo, Kendal, Kalurahan Bangunkerto, Kapanewon Turi mengikuti pelatihan Budi Daya Ikan Dalam Ember (Budikdamber) pada Rabu (22/9/2021). Acara yang terselenggara berkat kerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan DIY ini merupakan realisasi dari pokok pikiran anggota DPRD DIY yang berhasil lolos seleksi untuk mendapatkan bantuan program dengan menggunakan dana keistimewaan.

“Harus disyukuri karena tidak semua kelompok yang mengajukan bisa mendapatkan, hanya yang prosesnya benar yang bisa memperoleh hibah,” ungkap Hanum Salsabila, salah satu Anggot DPRD DIY dari Fraksi PAN.

Budi Daya Budikdamber sendiri memiliki keuntungan tersendiri jika dibandingkan dengan budi daya konvensional. Non Suprihatin, perwakilan dari Dinas Kelautan dan Perikanan DIY menyebutkan bahwa dengan Budikdamber ini, para petani dapat melakukan budi daya sambil menanam aneka sayuran seperti kangkung.

Non Suprihatin juga mengingatkan agar para petani nantinya harus dapat melakukan budi daya ikan dengan dengan baik dan benar, agar mendapatkan hasil yang positif. “Budi daya ikan lele harus memperhatikan aspek air, pakan dan pemeliharaan serta ada sentuhan selayaknya momong mahkluk hidup lain sehingga hasilnya bisa optimal,” tandas Non Suprihatin.

Pelaksanaan pelatihan ini mendapatkan respon positif dari para peserta yang berpartisipasi. Sri Gunawan, salah satu anggota Kelompok Budi Daya Ikan Mino Tumangkar menyampaikan terima kasihnya, dan berharap apa yang dilakukan dapat berpengaruh positif kepada para petani lele. (Arief Hartanto)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts