Wayang Kulit Kuatkan Karakter Budaya pada Anak

Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman menyelenggarakan kegiatan penanaman nilai–nilai kepada siswa melalui pertunjukan wayang kulit di Gedung Kesenian Kabupaten Sleman, Selasa (10/11/2020).

Acara ini adalah acara tahunan yang biasanya digelar di berbagai sekolah–sekolah yang ada di Sleman, namun karena pada masa pandemi Covid-19 ini acara tersebut digelar di Gedung Kesenian Kabupaten Sleman dengan peserta yang terbatas agar “Cita Mas Jajar” tetap dapat diterapkan. Pertunjukan wayang ini digelar dalam dua kisah yang pertama berjudul “Dewa Ruci Banyu Perwitasari” untuk siswa dan siswi dari SD Negeri Denggung Tridadi Sleman dan yang kedua yaitu “Karna Tanding Karna Gugur” untuk siswa dan siswi SMA Negeri 1 Minggir Sleman.

Kepala Dinas Kebudayaan Sleman, Aji Wulantara, dalam sambutannya menyampaikan bahwa wayang sudah dinyatakan oleh UNESCO menjadi warisan budaya dunia, bukan hanya nusantara.

“Wayang adalah karya budaya dari bangsa kita yaitu nusantara, bahkan UNESCO mengatakan wayang ini sudah menjadi warisan budaya dunia bukan hanya nusantara saja,” kata Aji.

Aji menambahkan bahwa pertunjukan wayang kulit ini bertujuan untuk tetap menguatkan karakter kebudayaan pada anak–anak sekolah karena semua lakon yang ada pada wayang ini terdapat pesan dan nilai–nilai luhur di dalamnya.

“Anak–anak sekolah itu butuh tempat untuk penguatan karakter kebudayaan, mereka butuh ketahanan budaya supaya di era milenial ini bisa beradaptasi dengan kehidupan-kehidupan yang modern tetapi tidak melupakan karakter kebudayaan,” ujar Aji.

Menurut Aji, kedua cerita wayang yang ditampilkan memiliki nilai–nilai filosofi, etika, dan estetika yaitu pada judul Dewa Ruci Banyu Perwitasari ini memberikan pesan bahwa untuk meraih sesuatu itu harus dilakukan dengan semangat dan ketabahan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

“Sedangkan pada judul Karna Tanding Karna Gugur ini memberikan pesan agar tidak menjadi manusia bermental pengecut dan munafik, dan jangan main-main dengan janji atau sumpah,” beber Aji. (Rep Gassing, Foto Izzat) 

Print Friendly, PDF & Email

Related posts