Workshop Shibori Upaya Tingkatkan Kreativitas Ibu-Ibu Padukuhan Santren

Depok- Padukuhan Santren, Kalurahan Caturtunggal, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, bekerja sama dengan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Yogyakarta (KKN UNY) menyelenggarakan Pelatihan Shibori (teknik pewarnaan kain dari Jepang) pada Minggu (3/10) di rumah Dukuh Santren.

Pelatihan yang dipandu oleh Atul, Duwi, dan Faizah, Mahasiswa KKN UNY tersebut diikuti oleh 2 perwakilan tiap RW di Padukuhan Santren.

“Pelatihan ini merupakan ajang untuk berkreasi, mencoba hal baru, dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat, paling tidak untuk diri sendiri. Kita tidak pernah tahu ke depan, dari pengetahuan tentang Shibori ini Ibu-ibu nantinya dapat mengembangkan kreativitasnya sehingga hasilnya dapat dipasarkan,” jelas Ketua TP-PKK tingkat Padukuhan Santren, Hestining Kurniastuti.

Antusiasme peserta terlihat ketika sesi praktik. Praktik pertama membuat sapu tangan, dan selanjutnya membuat taplak meja. Setelah mengikuti pelatihan, perwakilan RW diharapkan dapat menyebarkan pengetahuan tentang Shibori ini kepada warga di RT/RW setempat. 

“Semoga kegiatan ini memberikan manfaat bagi ibu-ibu yang mengikutinya. Saya juga berharap Kelompok PKK dapat secara konsisten menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti ini untuk meningkatkan kreativitas para ibu dan mendorong lahirnya pengrajin, pengusaha yang dapat menggerakkan roda perekonomian di sekitar kita,” kata Yanuar Eko Hartanto, Dukuh Santren.

Rahayu, salah satu peserta pelatihan juga menyampaikan bahwa ia berharap workshop atau pelatihan lainnya dapat diselenggarakan di masa mendatang.

Shibori sendiri merupakan teknik pewarnaan kain dari Jepang dengan menciptakan motif dari lipatan yang telah dimulai sejak abad ke-8.

Proses pewarnaan dengan teknik Shibori ini lebih cepat daripada teknik membatik lainnya dan bahan yang diperlukan relatif mudah untuk disiapkan. Dengan bahan yang sederhana, proses ini dapat menghasilkan motif yang menarik bahkan dapat memiliki nilai jual yang cukup tinggi. [PS] / (Danang/KIM Depok)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts