SMPN 4 Pakem Juarai Kompetisi Cerkak

Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman mengumumkan pemenang Kompetisi Bahasa dan Sastra 2020 di Gedung Kesenian Sleman, Kabupaten Sleman, Jumat (18/9/2020). Mengambil tema “Ngleluri lan Ngrembakakake Tata Nilai Budaya Jawa ing Daerah Istimewa Yogyakarta kanggo Memayu Hayuning Bawana”, lomba ini diikuti oleh 35 peserta dari SMP/MTs se-Kabupaten Sleman baik negeri maupun swasta.

Nayahani Imara Wijaya dan Salma Nayatullah, siswa kelas 8 SMP Negeri 4 Pakem Sleman berhasil meraih penghargaan sebagai juara 1 dan juara 2 Kompetisi Bahasa dan Sastra Tahun 2020 bidang Maca Cerkak (Cerita Cekak/Cerita Pendek).

Kompetisi bahasa dan sastra ini merupakan kegiatan dalam rangka mencari peserta terbaik pada jenjang dan jenis kemampuan bahasa dan sastra Jawa yang dikuasai. Cerita yang harus dibawakan oleh peserta berjudul “Suruh” karya Suwardi Endraswara. Cerita tersebut diambil dari majalah Djoko Lodang edisi 50 tahun 2019.

Menjadi yang terbaik dalam kompetisi ini tentu saja menjadi kebanggaan bagi seluruh keluarga besar SMPN 4 Pakem Sleman. Menurut Ganis Samsiawarti, guru bahasa Jawa, adanya lomba ini menjadi ajang bagi siswanya untuk menggali dan mengembangkan kemampuan nonakademis khususnya di bidang seni sastra.

“Ini adalah buah kerja keras pembelajaran bahasa Jawa sebagai bahasa daerah yang dipraktikkan dalam gerakan literasi sekolah terutama seni sastra membaca Cerkak,” ujar pembimbing lomba sekaligus guru bahasa Jawa tersebut.

Sebagai Juri maca cerkak ini adalah: Titik Renggani, SE, MM., Agus Yuniawan, dan Sancoko, S.Pd. Urutan pemenang Kompetisi Bahasa Dan Sastra Tahun 2020 bidang Maca Cerkak adalah sebagai berikut:
Utama Adiwara (Juara 1): Nayahani Imara Wijaya, SMPN 4 Pakem, nilai 924
Madya Adiwara (Juara 2): Salma Nayatullah, SMPN 4 Pakem, nilai 923
Pratama Adiwara(Juara 3): Niha Khairunnisa, SMPIT Ibnu Abbas, Godean, nilai 916
Magang 1(Harapan 1): Dian Wahyu Romadhan, SMPN 1 Moyudan, nilai 889
Magang 2(Harapan 2): Muhammad Aziz Nur A, SMPN 1 Minggir, nilai 882
Magang 3(Harapan3): Berliana Melia Putri, SMPN 2 Sleman, nilai 877.

Dalam Kompetisi Bahasa dan Sastra 2020 ini Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman menyelenggarakan empat bidang lomba yaitu: sesorah untuk tingkat SMA/SMK/MA, maca geguritan dan maca cerkak untuk tingkat SMP/MTs, serta lomba alih aksara tingkat SD/MI. Pemenang satu hingga tiga tiap mata lomba akan mewakili Kabupaten Sleman di tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta. (Nuradi/KIM Ngemplak)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts