Berbah Gelar Donor Darah

Sleman – PMI Kapanewon Berbah bekerjasama dengan PMI Kabupaten Sleman menyelenggarakan kegiatan Donor Darah di Gedung Serbaguna Kalurahan Sendangtirto, Berbah, Sleman pada hari Selasa (28/11/2023).

Menurut Kepala Jawatan Sosial Berbah, Andi Kurniawan, donor  ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh PMI Kapanewon Berbah bekerja sama dengan PMI Kabupaten Sleman, yang memiliki sarana pendukung untuk tindakan pengambilan darah beserta pemrosesan sampai pendistribusian kepada rumah sakit atau pasien yang membutuhkan.

“Sudah ada jadwal khusus yang bersama dan sudah berlangsung sekian waktu,” terang Andi.

Di sela-sela kesibukannya memimpin kegiatan  donor darah, Ketuap PMI Berbah, Dodit Suhardo menjelaskan bahwa donor darah di Kapanewon Berbah dilakukan rutin dua bulan sekali.

Awalnya kegiatan donor darah hanya ada di Kapanewon namun  sudah dua tahun ini tempatnya berpindah ke empat kalurahan. Untuk jemput bola lebih mendekatkan pelayanan kepada pendonor,” jelas Dodit yang juga sebagai guru SMP N Berbah I mata pelajaran bahasa Indonesia.

Dodit menambahkan bahwa prosedur pendonor adalah mendaftarkan diri dan diberi form skrening kesehatan yang harus disi oleh pendonor. Diverifikasi oleh petugas setelah itu dilakukan cek tekanan darah dan hemoglobin (Hb). Setelah dinyatakan sesuai oleh petugas baru dilakukan pengambilan darah.

“Tidak semua yang  datang bisa melakukan donor dorah. Pendonor harus dalam kondisi prima tekanan darah dibawah 150 dan beberapa persyaratan kesehatan yg sudah ditentukan oleh PMl,” imbuhnya.

Salah satu pendonor, Icha warga Klodangan menceritakan pengalamannya mengikuti donor darah untuk pertama kalinya.

“Awalnya takut melihat jarum tranfusi. Tapi ketika jarum ditusukkan tidak  sakit hanya seperti digigit semut. Jugam pada saat proses pengambil darah tidak merasakan sakit apalagi bisa sambil main Handphone,” ungkap Icha.

“Keuntungan ikut donor bisa tahu golongan darah serta kesehatan tubuh,  bisa membantu orang lain. Juga mendapatkan goodybag yang berisi minuman suplemen dan snack,” pungkasnya. (Kusnadi/KIM Berbah)